Bendungan Mataompana Icon Wisata Kecamatan Kapontori



Rasanya ada yang kurang jika kita mengobrolkan tentang wisata alam di Kecamatan Kapontori, tetapi kita tidak mengulas tentang tempat yang satu ini.
Ya...tempat ini dikenal dengan nama Bendungan Mataompana. Sesuai namanya, bendungan Mataompanan ini memang berfungsi sebagai Bendungan, yang menyuplai kebutuhan air bagi lahan persawahan khususnya di wilayah Kelurahan Watumotobe, Kecamatan Kapontori. Jadi fungsinya sangat penting bagi masyarakat Watumotobe, Kecamatan Kapontori.

Kawasan Persawahan di Watumotobe yang Mendapat Pasokan Air Dari Bendungan Mataompana

Bendungan mataompana juga selain berfungsi sebagai tampungan dan penyuplai air persawahan, juga berfungsi sebagai area wisata. Kejernihan airnya dan kondisi kawasan sekitar yang terlindung membuat kesan nya sebagai permandian alam sangat terasa. suasanan sekitar sangat teduh, airnya bening dan sangat segar. 
Kejernihan Air di Bendungan Mataompana

Keseruan Pemuda yang Bermain di Bendungan Mataompana (1)

Keseruan Pemuda yang Bermain di Bendungan mataompana (2)

Pemandangan Sejuk di Bendungan Mataompana

Keunikan bendungan Mataompana ini karena juga mempunyai sumber mata air panas yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Bendungan. Nama Mataompana sendiri, dalam bahasa setempat memang memiliki arti "Mata Air Panas". Hal ini menjadi unik karena daerah ini bukannlah kawasan gunung api seperti yang kita temukan di daerah sumber mata air panas pada umumnya. Mata air keluar dari dalam tanah dan membentuk aliran aliran sungai kecil yang berbau belerang. Masyarakat lokal sangat percaya dengan mandi di pancuran kecil di sekitar mata air panasnya, bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal, serta memberikan efek kesegaran dan kebugaran. Jadi bagi anda calon pengujung, harus mencoba ini kalau ke bendungan Mataompana Kapontori.
Pancuran dari Mata Air Panas (dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit)

Sungai kecil yang berbau Belerang, dari limpasan mata air panas
Wisata ini selalu ramai pengunjung setiap harinya, terutama di hari-hari sabtu, minggu dan hari libur lainnya. Pengunjungnya beragam ada dari masyarakat lokal dan juga masyarakat dari luar daerah. Bendungan Mataompana sudah menjadi salah satu icon wisata di Kecamatan Kapontori. Jadi jangan pernah bilang sudah ke Kapontori, Buton kalau belum mandi di Bendungan Mataompana Kapontori.

cek video serunya di link ini :
https://www.facebook.com/ryan.fajar.90/videos/1251437624952920/

Komentar